5 Teori Konspirasi Yang Berkaitan Dengan UFO

Saat sedang nongki dan ngopi di kafe, pembicaraan bisa berubah liar. Dari sekadar kilas balik waktu SMA hingga politik! Tiba-tiba, pembicaraan tersebut berubah arah menjadi pembahasan teori konspirasi tingkat internasional!

Memang, membicarakan teori konspirasi adalah hal yang mengasyikkan. Kenapa? Tidak ada yang tahu hal tersebut benar atau tidak, sehingga kita yang membicarakannya hanya mampu menduga-duga. Dari pelbagai topik konspirasi yang sering kita bicarakan, salah satu yang paling santer adalah unidentified flying object atau UFO.

Piring terbang yang dikisahkan datang dari luar angkasa ini kerap menjadi topik hangat yang tak lekang oleh waktu. Konon katanya, manusia pernah berinteraksi dengan mereka baik secara fisik atau non-fisik. Malah, ada yang pernah diculik oleh UFO, katanya.

Duduk manis, inilah lima teori konspirasi mengenai alien dan UFO yang paling terkenal sepanjang sejarah.

1. Tempat Rezim Nazi Menyembunyikan UFO

Satu teori konspirasi menyebut bahwa Nazi menyembunyikan UFO di suatu tempat di Antartika. UFO temuan Nazi ini bahkan telah dikaitkan dengan piramida aneh yang pernah ditemukan di benua es ini.

Orang-orang percaya bahwa Nazi mengoperasikan UFO rahasia di Antartika selama Perang Dunia II. Pasukan Amerika Serikat dan Inggris berulang kali mencoba menghancurkan pangkalan itu selama pertempuran, tetapi tidak berhasil.

Mereka hanya berhasil merusaknya setelah menjatuhkan bom atom di pangkalan itu pada tahun 1958. Ahli teori konspirasi mengklaim, Nazi meluluhlantakkan pesawat AS selama operasi ini.

Gagasan tersebut dianggap salah, sebab Nazi tidak pernah memiliki pangkalan atau kepentingan militer di Antartika. Sebelumnya, mereka hanya pergi ke Antartika dengan satu kapal untuk menemukan tempat perburuan paus yang baru.

Mereka tidak memiliki persediaan yang cukup untuk membangun pangkalan bawah tanah. Operasi yang disebut "pengusiran Nazi dari pangkalan rahasia UFO" sebenarnya adalah pelatihan militer untuk mensimulasikan invasi Uni Soviet.

Misi ini melibatkan 13 kapal, 33 pesawat terbang dan 4.700 tentara. Nazi juga tidak menembak jatuh pesawat militer selama pelatihan, karena di sana memang tidak ada Nazi.

Bom atom yang diduga digunakan untuk menghancurkan pangkalan UFO sebenarnya meledak 2.400 kilometer (1.500 mil) di lepas pantai Antartika. Namun demikian, teori konspirasi bersikeras bahwa Nazi memang memiliki UFO yang terselip di suatu tempat di Antartika dan bahkan menggunakan teknologi untuk membuat senjata alien yang kemudian disembunyikan di Antartika, Amerika Selatan, dan Arktik.

2. Antarktika Tidak Eksis

Ada teori konspirasi aneh bahwa seluruh Antartika dan Kutub Selatan sebenarnya tidak ada. Keyakinan ini paling umum muncul di kalangan penganut kepercayaan Bumi Datar atau Flat Earth.

Mereka yakin bahwa Kutub Utara berada di pusat dunia sedangkan Kutub Selatan mengelilingi Bumi. Menurut mereka juga, Antarktika sebenarnya adalah dinding alami yang menghalangi pinggiran Bumi dengan tebal sekitar 30–60 meter.

Tembok ini mencegah segala sesuatunya yang ada di Bumi agar tidak jatuh ke tepian planet. Di waktu lain, Flat-earthers pernah mengatakan, mereka tidak dapat mengkonfirmasi keberadaan dinding tersebut karena pemerintah dunia dan PBB menetapkan zona larangan terbang dan berlayar yang ketat di sekitar Antarktika.

Para ahli teori konspirasi percaya, Kapten James Cook (pelaut legendaris asal Inggris) adalah salah satu dari sedikit manusia yang pernah menyaksikan langsung tembok itu, terlepas dari aturan otoritas.

"Seharusnya, Kapten Cook melaporkan penampakan dinding besar itu selama tiga pelayaran yang ia lakukan ke Antarktika. Tembok tersebut menutupi seluruh garis pantai dan dia tidak bisa mendarat di mana pun, karena dinding terlalu tinggi untuk didaki," ungkap mereka.

3. Dua Kawah di Antartika Adalah Pintu Masuk ke Pangkalan Rahasia UFO

Ada dua kawah di sepanjang pantai Antarktika. Keduanya masuk jauh ke bawah lapisan es, seolah-olah ada sesuatu yang baru saja digali.

Para ahli teori konspirasi menyatakan bahwa kawah itu adalah pintu masuk ke fasilitas rahasia milik pemerintah sebuah negara, pangkalan alien, atau markas Nazi yang tidak pernah disebutkan sebelumnya dalam sejarah dunia.

Scott Waring, seorang ahli teori konspirasi UFO, mengklaim kawah itu terbentuk dari piringan terbang yang terkubur di bawah lapisan es

Dia bahkan mengaku melihat UFO asli dari yang sebelumnya pernah disaksikan via Google Earth. Namun, ia menjelaskan bahwa UFO tidak lagi terlihat karena Google mengedit gambar murninya.

4. Area 51

Jika membicarakan alien dan UFO, tidak lengkap jika tidak melibatkan tempat ini. Ya, Area 51 adalah tempat yang amat sering dikaitkan dengan UFO. Area 51 adalah sebuah fasilitas rahasia yang terletak di Nevada Test and Training Range, salah satu markas militer Nellis Air Force Base Complex.

Sempat digambarkan dalam film "Transformers" (2007) karya Michael Bay sebagai "Sector 7", pemerintah AS secara resmi menyatakan bahwa Area 51 adalah situs uji coba pesawat tempur untuk angkatan udara AS.

Namun, para pencetus teori konspirasi tentu saja tidak percaya begitu saja. Bahkan, beberapa menganggap kalau pemerintah AS melakukan percobaan-percobaan keji terhadap alien di Area 51 demi memajukan teknologi militer.

Teori-teori konspirasi menyatakan bahwa Area 51 adalah lokasi (yang sudah tidak) rahasia di mana pemerintah melakukan berbagai eksperimen terhadap UFO dan alien. Lebih mencurigakan lagi, jika kamu mencari lokasi Area 51 di peta atau di laman web pemerintah AS, hasilnya nihil.

Berbagai teori konspirasi mengenai Area 51 mencakup mulai dari penelitian pada bangkai UFO yang ditemukan di padang rumput Roswell, New Mexico, pada 1947 hingga pendaratan Neil Armstrong dan kawan-kawan yang konon katanya bukan di Bulan, melainkan di Area 51.

Dokumen mengenai sejarah dan tujuan berdirinya Area 51 akhirnya dideklasifikasikan oleh CIA pada 2013. Namun, operasi yang dijalankan oleh Area 51 tetap menjadi rahasia negara.

Ingat insiden tahun lalu? Pada 2019, media sosial Facebook sempat ramai dengan ajakan orang-orang untuk menyerbu Area 51. Hasilnya, lima orang ditangkap di lokasi. Jangan sekali-kali berpikir untuk mendatangi Area 51. Penjaga Area 51 tidak ragu untuk menahan atau menembak mati siapapun yang mencoba menyusup tanpa izin atau keperluan resmi.

5. Insiden Roswell


smithsonianmag.comsmithsonianmag.com

Sebelumnya, dikatakan bahwa pemerintah AS mempelajari piring terbang yang ditemukan pada 1947 di Roswell, New Mexico. Insiden Roswell menjadi salah satu cikal bakal teori-teori konspirasi UFO di AS hingga saat ini.

Pada tanggal 4 Juli 1947, William "Mac" Brazel pergi ke padang rumput miliknya di Roswell, New Mexico, dan menemukan beberapa benda asing seperti tongkat logam, kertas perak reflektor, dan strip karet.

Karena tidak tahu benda asing tersebut, Brazel memanggil sheriff lokal yang kemudian memanggil Angkatan Udara Militer Roswell (RAAF). Potongan-potongan itu segera dibawa dengan truk lapis baja. Beberapa hari kemudian, harian Roswell Daily Records menerbitkan sebuah artikel berjudul "RAAF Menangkap Piring Terbang di Sebuah Peternakan di Wilayah Roswell".

libraries.uta.edulibraries.uta.edu

Hal tersebut memicu teori konspirasi yang akan berlangsung beberapa dekade. Banyak yang percaya bahwa benda-benda asing yang ditemukan di Roswell adalah bukti keberadaan alien, meskipun pemerintah setempat dan AS mengatakan itu berasal dari balon cuaca yang rusak.

Perlu waktu hingga 43 tahun hingga akhirnya terkuak kebenaran Roswell. Pada 1990an, pemerintah AS akhirnya mengaku bahwa reruntuhan Roswell adalah balon udara dari Projek Mogul, projek rahasia pemerintah dan angkatan udara AS dari 1947 hingga 1949 untuk "menguping" rencana bom atom Uni Soviet.

Namun, hingga saat ini, banyak orang yang masih mempertanyakan kebenaran di balik insiden Roswell yang dikira cara pemerintah untuk menutupi interaksi negara dengan makhluk ekstraterestrial.



Itulah tadi 5 teori konspirasi tentang UFO dan dapat kita ketahui teori konspirasi tidak dapat kita percaya sepenuhnya bisa jadi itu hanya sekedar teori belaka atau bisa saja suatu kebenaran kita tidak tau apakah itu berada didekat kita atau bukan, who knows?

Sumber:
https://m.liputan6.com/global/read/3947415/markas-ufo-hingga-kerajaan-atlantis-7-teori-konspirasi-tentang-antarktika

https://www.idntimes.com/science/discovery/alfonsus-adi-putra-alfonsus/teori-konspirasi-ufo-paling-populer


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi Canggih Masa Kini